KANTOR POS BESAR YOGYAKARTA


23/03/2020 Administrator


Bangunan yang berada di area Titik Kilometer Nol itu dibangun pada masa kolonial Belanda dan merupakan hasil rancangan arsitek dari Burgerlijke Openbare Werken (BOW) untuk melayani segala persuratan dan telekomunikasi waktu itu dengan nama Post, telegraaf en telefoonkantoor. 
 
Saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai Kantor Pos Besar Yogyakarta yang beralamat di Jalan Panembahan Senopati Nomor 2, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta dan menjadi salah satu landmark Jogja.
 
Bangunan yang menghadap ke arah utara atau ke arah benteng Vredeburg ini berbentuk tapal kuda yang menurut pengamat arsitektur merupakan penerapan konsep arsitektur transisi dengan adanya perubahan gaya pada zaman transisi atau peralihan (antara tahun 1890 sampai tahun 1915), dari gaya arsitektur Indische Empire Style (abad 18 dan 19) ke arah arsitektur kolonial modern (setelah tahun 1915) yang sering terlupakan, karena periode yang relatif singkat.
 
Bangunan Kantor tersebut memiliki dormer atau jendela yang diletakkan di atap bangunan (persis berada di atas pintu masuk utama) dan merupakan bagian dari ruangan yang berada di bawah atap bangunan, dibuat menjorok keluar dan seringnya dilengkapi dengan atap tersendiri.
 
Ciri-ciri bangunan indis yang tampak yaitu pada bagian atas bangunan terdapat nok acretorie (kemuncak di sudut atap) berbentuk “gada” dan lucarne (jendela kecil di kemiringan atap), yang berfungsi sebagai hiasan dan ventilasi untuk aliran udara di dalam ruang dalam atap.
 
Selain dormer, bangunan ini juga memiliki kekhasan pada bukaan yang berada di fasadnya. Bukaan di kantor pos ini ada dua jenis, yaitu bukaan persegi panjang dan bukaan setengah lingkaran. Namun di antara bukaan tersebut, yang dominan menonjol pada fasad adalah bukaan setengah lingkaran, jumlahnya ada enam buah. Tujuan bukaan pada kantor pos ini untuk memasukkan sinar matahari ke dalam bangunan tersebut.
 
 
/HJ